Abstrak |
KARYA CIPTA MERUPAKAN VIDEO PEMBAHASAN STUDI KASUS ROBOT BOLA YANG DIPERUNTUKKAN BAGI SISWA-SISWA TINGKAT SMP/MTS. VIDEO PEMBAHASAN INI MERUPAKAN BAGIAN DARI KEGIATAN PENGABDIAN MASYARAKAT TENTANG COMPUTATIONAL THINKING YANG DILAKUKAN OLEH TIM DOSEN UNIVERSITAS TELKOM DARI FAKULTAS INFORMATIKA DAN FAKULTAS ILMU TERAPAN. SOAL YANG DIBAHAS MERUPAKAN BAGIAN DARI SOAL BEBRAS CHALLENGE 216 YANG MEMILIKI LISENSI "CREATIVE COMMONS ATTRIBUTION-SHAREALIKE 3. UNPORTED LICENSE (CC BY-SA 3.)". PADA VIDEO INI DIBERIKAN STUDI KASUS BOLA BEBRAS YANG ADALAH MAINAN YANG DAPAT DIOPERASIKAN DENGAN PENGENDALI JAUH (REMOTE CONTROL), DAN DAPAT MENGENALI SETIAP PERINTAH UNTUK BERGERAK SATU KOTAK KE EMPAT ARAH (E UNTUK KE KANAN, W KE KIRI, N KE BELAKANG, DAN S KE DEPAN) BILA BOLA BEBRAS BERGERAK KE KOTAK PUTIH, IA AKAN JATUH SATU TINGKAT (LEVEL). BOLA BEBRAS AKAN MENGABAIKAN SETIAP PERINTAH UNTUK BERPINDAH KE LUAR BATAS. SISWA DIMINTA UNTUK MEMILIH RANGKAIAN PERINTAH YANG MENYEBABKAN BOLABEBRAS MENCAPAI POSISI PETAK MERAH YANG DITANDAI GOAL. ASPEK INFORMATIKA YANG DIGUNAKAN ADALAH PROGRAM KOMPUTER, KARENA SISWA DIMINTA UNTUK MENYELESAIKAN MASALAH DI ATAS DENGAN MENYEDIAKAN SEDERETAN INTRUKSI. DERETAN INSTRUKSI INILAH YANG NANTINYA DIGUNAKAN UNTUK MENJALANKAN KOMPUTER. SOAL INI MENJELASKAN CONTOH PROGRAM SEDERHANA |